Cara Pasang Kanopi Polycarbonate di Teras yang Tepat

Kanopi polycarbonate menjadi salah satu jenis kanopi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Jenis kanopi ini sering digunakan di teras. Polycarbonate itu sendiri adalah bahan yang berasal dari plastik. Dengan menggunakan bahan polycarbonate, kanopi ini mampu memberikan perlindungan dari panasnya sinar matahari dan guyuran hujan. Selain melindungi teras rumah dari panas dan hujan, kanopi polycarbonate juga digunakan untuk menambah keindahan bagian luar (eksterior) rumah.

Fungsi kanopi polycarbonate ini bisa anda rasakan apabila anda memasangnya secara tepat. Pada dasarnya, cara pasang kanopi polycarbonate yang tepat hanya bisa dilakukan oleh ahlinya. Meski begitu, tak ada salahnya anda mengetahui bagaimana cara memasang kanopi polycarbonate yang tepat. Untuk anda yang mulai penasaran, ada baiknya anda simak info lengkap mengenai cara pasang kanopi polycarbonate yang kami bagikan selengkapnya berikut ini.

Cara Pasang Kanopi Polycarbonate

Berikut ini adalah cara pasang kanopi polycarbonate yang baiknya anda ketahui.

Posisikan Lembaran

Selalu memasang lembaran Twinlite dengan permukaan Ultra Violet (UV) menghadap sinar matahari. Pastikan anda memperhatikan sisi berlabel pada lembaran sebelum melakukan pemasangan. Pastikan juga anda telah melepas masking film dari produk lembaran Twinlite setelah pemasangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari masking film melekat ke lembaran saat terkena panas matahari.

Memotong Lembaran

Potong lembaran dengan menggunakan gunting besi, gergaji, maupun gerinda yang memiliki mata pisau. Akan tetapi untuk tahap pemotongan ini, dianjurkan untuk menggunakan cutter. Adapun caranya ialah dengan membaringkan lembaran di permukaan yang rata secara hati-hati terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari lembaran tergores ketika pemotongan.

Lembaran Twinlite anda pasang dengan pengencang anti karat serta tahan cuaca pada tiap struktur batangnya. Lubang-lubang harus anda bor dengan jarak 2 mm dari diameter pengencang guna pemuaian terhadap suhu saat siang hari serta pengerutan pada malam hari. Jumlah penggunaan pengencang ini harus anda sesuaikan dengan spesifikasi dari profil yang digunakan.

Tutup Ujung Lembaran

Langkah selanjutnya, anda tutup ujung lembaran yang terbuka di ujung produk. Hal ini penting dilakukan supaya kelembapan dan debu yang masuk ke dalam dapat menjadi masalah. Ujung saluran bagian atas bisa ditutup dengan selotip anti air, dan bagian ujung saluran bawah ditutup menggunakan selotip yang berlubang. Profil “U” tambahan guna menutup selotip yang berlubang. Lakukan secara hati-hati agar tiap sisi bersih serta memperlancar saluran air.

Menggabungkan Lembaran

Gabungkan lembaran dengan penggunaan profil H atau H alumunium. Penggunaan TPE, karet Neoprene, atau EPDM dengan kekerasan 65 sangat direkomendasikan. Jangan pernah anda menggunakan PVC gasket. Hal ini dikarenakan PVC tidak cocok dengan polycarbonate, dan justru bisa merusak panel. Ada baiknya mengggunakan sealent, namun harus anda perhatikan mengenai penggunaan cairan kimia yang sesuai dengan polycarbonate.

Penempatan Lembaran

Dalam penggunaan sealent, pastikan bahwa zat kimia sealent cocok dengan polycarbonate. Twinlite harus anda pasang dengan tulang searah lereng (rata), vertikal (partisi), atau arah lengkungan (kubah). Posisi ini bertujuan untuk mencegah masuknya debu ke dalam lembaran serta membantu udara lembab keluar. Untuk lembaran yang dipasang pada jepitan, posisikan horizontal minimum lereng sekitar 5% untuk mengurangi resiko air dan kotoran tertampung di dalam.

Pemasangan kanopi polycarbonate ini bisa anda percayakan kepada Cipta Karya Canopy. Pemasangan kanopi polycarbonate kami lakukan secara profesional dan cepat. Selain itu, kami menawarkan tarif termurah.

Tinggalkan Balasan